Panghealingan

Pusing sama kerjaan atau deadline tugas yang enggak ada habisnya sampai bikin kamu susah tidur? Mungkin, ini pertanda kamu harus liburan! Nah, biar makin asyik, gimana kalau kamu mencoba salah satu kegiatan outdoor menyenangkan yang juga bermanfaat untuk tubuh, yaitu camping.

Kok, harus camping? Menurut jurnal Current Biology yang dikutip oleh SehatQ, camping atau berkemah bisa memengaruhi ritme sirkadian tubuh sehingga membantu tidur lebih berkualitas. Makanya, enggak heran kalau camping sangat dianjurkan bagi kamu yang sering insomnia atau memiliki gangguan kualitas tidur.

Selain mampu menjernihkan pikiran, aktivitas fisik ini juga secara tidak langsung melatih kekuatan dan ketangkasan kamu. Karena kamu akan dihadapkan dengan situasi perjalanan yang menantang, seperti mendaki, melewati jalanan berbatu bahkan arus sungai. 

Di luar itu, warna hijau yang kamu temukan di alam juga secara psikologis memiliki pengaruh pada mood dan pikiran yang mampu membuat kamu merasa lebih tenang. Nah, setelah tahu ragam manfaat dari camping, mungkin kamu akan tertarik untuk mencobanya.

Penasaran tapi ragu karena baru pertama kali mencoba? Tenang, kali ini Panghealingan akan mengulas lima hal yang wajib dipersiapkan saat hendak camping, terutama buat kamu para newbie. Yuk, disimak!

1. Tenda Sebagai Rumah Sementara Saat Camping

Camping equipment
Foto: Instagram/@mountnesia

Tidur beralaskan tanah dan berselimut langit memang puitis, tapi kamu tentu mau menikmati liburan yang nyaman serta less worry. Oleh sebab itu, kamu pasti dan harus punya tenda. Tenda bisa kamu gunakan sebagai rumah sementara, untuk sekadar berteduh atau beristirahat di malam hari.

Ada beragam jenis tenda yang bisa kamu sesuaikan dengan rencana liburanmu. Seperti tenda Kubah (Dome), Tunnel, Ridge dan Quick Pitch. Kebanyakan pendaki gunung menggunakan tenda Dome karena tidak berat dan mudah untuk dipasang. Selain itu, tenda ini juga memiliki alas bagian luar sehingga aman digunakan saat musim hujan. 

Setelah menemukan jenis tenda yang tepat, kamu harus memastikan lokasi mendirikan tenda yang cukup datar. Hal tersebut karena lokasi yang tepat berpengaruh kepada kenyamanan kamu saat beristirahat di dalamnya. Untuk menyeimbangkan bentuk kamp, kamu dapat meletakkan perlengkapan berkemah lainnya di setiap sudut tenda. 

Bila kamu tertarik untuk mencoba camping di alam terbuka, pilihlah lokasi mendirikan tenda di tempat yang memang menjadi spot para wisatawan berkemah. Selain lebih aman, kamu juga dapat berkenalan dengan orang baru yang mampu memperluas koneksi. Tertarik mencobanya?

2. Sleeping Bag atau Perlengkapan Tidur

Camping equipment
Foto: Instagram/@travelpicturex

Selain tenda yang menjadi tempat untuk beristirahat, kamu juga wajib membawa perlengkapan tidur seperti matras dan selimut. Namun bagi traveller yang sudah sering berkemah, mereka lebih memilih untuk menggunakan sleeping bag

Sleeping bag adalah kantong tidur yang berguna untuk menghangatkan tubuh dan menjadi alas yang membatasi dasar tenda dengan tubuh kamu. Supaya kamu tidak terlalu terganggu dengan batu-batu dan kerikil yang ada di tanah tempat kamu mendirikan tenda.

Sleeping bag juga sangat praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Cukup digulung, kemudian diletakkan di atas tas carrier kamu, aman deh! Tak heran, alat ini menjadi kebutuhan wajib bagi pecinta hiking. 

3. Pakaian Hangat di Tengah Dinginnya Suasana Camping

Camping equipment
Foto: Instagram/@second_cemara

Saat kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan dengan cara camping, pastikan kamu tidak lupa membawa dan mengenakan pakaian hangat. Dinginnya angin malam

Dinginnya udara di tengah alam bebas membuat kamu membutuhkan pakaian yang dapat menghangatkan tubuhmu. Pilihlah jaket yang tebal dan hangat, pakaian yang berlengan panjang, celana training, kaos kaki dan topi kupluk. Pastikan pakaian yang kamu bawa dalam keadaan kering agar kondisi panas dari tubuhmu dapat bertahan di tengah dinginnya cuaca.

4. Makanan dan Minuman Secukupnya

Camping equipment
Foto: Juliwaoutdoor.wordpress.com

Saat memilih mengisi hari libur dengan berkemah, kamu juga wajib mempersiapkan makanan dan minuman yang akan kamu santap selama camping di tengah alam. Kamu boleh membawa beberapa makanan instan dan camilan yang mampu memberikan rasa kenyang. 

Kamu juga disarankan membawa botol berisi air panas yang dapat kamu gunakan untuk menyeduh teh, kopi, bahkan makanan instan. Bawalah air minum secukupnya agar kamu terhindar dari dehidrasi selama camping di lapangan terbuka. 

Jangan lupa bawa kompor portabel untuk melengkapi perjalananmu. Kompor portabel akan sangat berguna untuk kamu memasak mie instan di tengah dinginnya hawa pegunungan. Dijamin bikin camping makin nyaman!

5. Senter atau Lampu Emergency dan Power Bank

Camping equipment
Foto: JakartaNotebook

Berada di alam bebas tanpa adanya aliran listrik untuk menyalakan lampu wajib kamu akali dengan membawa senter atau lampu emergency. Kamu butuh alat tersebut untuk menjadi cahaya saat kamu memutuskan berkemah di tengah hamparan alam yang gelap. 

Selain itu, untuk menjaga agar handphone kamu tetap menyala, kamu perlu membawa power bank sebagai penyambung daya. Sehingga kamu tetap bisa berkomunikasi dengan siapapun saat kamu merasa membutuhkan pertolongan atau sekedar menghibur diri. 

Ada beberapa hal kecil yang dapat kamu tambahkan ke dalam tas saat kamu memutuskan untuk camping di alam bebas. Seperti korek, obat-obatan dan jas hujan yang berguna di situasi tertentu. 


Bila kamu tidak ingin ribet membawa banyak perlengkapan untuk berkemah, kamu dapat mencoba paket camping dari Panghealingan. Karena Panghealingan menyediakan paket kegiatan outdoor seru yang dapat kamu coba bersama orang terkasih. Cukup membayar mulai Rp125 ribu per orang kamu dapat menikmati camping tanpa ribet dengan fasilitas yang mendukung. Tunggu apa lagi, buruan booking paketmu sekarang!

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =